Wanamulya

Semua hal tentang furniture dan perkayuan

Senin, 29 Mei 2017

Furniture bahan kayu jati belanda yang harganya murah

papan kayu jati belanda
Papan Kayu jati Belanda
Furniture bahan kayu jati belanda bisa jadi alternatif bagi anda yang menginginkan perabot rumah berpenampilan alami dengan harga terjangkau. Serat kayu jati belanda sangat menonjol dan terlihat indah alami jika di finishing menggunakan warna terang seperti wax atau melamine muda. Namun sebelum kita melangkah lebih jauh, perlu kiranya anda mengetahui sedikit tentang kayu ini...

Apa itu jati belanda ?

Pada dasarnya jati belanda adalah kayu pinus atau jenis cemara, kenapa disebut jati belanda ? karena orang jawa ambil enaknya aja...konon dulu ceritanya, kalau orang sini beli import mesin2 atau alat2 berat dari luar negeri, palet atat kayu pembungkusnya adalah dari kayu pinus ini, nah karena berasal dari luar negeri inilah mengapa disebut jati belanda.

Maklumlah orang jawa, semua yang dari luar negeri disebut londo / belanda, lha wong turis dari jepang aja disebut londo kok :D

jadi begitu, kayu jati belanda sama sekali bukan jati, melainkan pinus. ketersediaan kayu ini bisa berasal dari bekas palet2 atau pun potong dan belah sendiri. Kita juga bisa import papan jati belanda langsung dari belanda, bukan belanda yang itu...pokoknya dari luar deh. jepang dan jerman serta amerika bisa jual ke kita.

Keunggulan jati belanda

Murah...!

Perbandingan harga antara jati belanda dengan jati asli bisa sampai 3 kali lipat lebih murah. hal ini berhubungan dengan bahan baku jati belanda yang memang lebih murah dibandingkan dengan jati asli.

Relatif tahan terhadap hama kayu karena getah kayu pinus tidak disukai oleh serangga.

Kemudian dilihat dari serat kayu, keistimewaan kayu jati belanda adalah serat nya yang bagus sekali. seratnya menonjol atau kelihatan sekali, jadi kalau dibuat mebel kayu jati belanda sangat alami. note : kalau finishingnya natural lho ya...

Kekurangan kayu jati belanda

Kurang kuat...

Kayu jati belanda atau pinus adalah termasuk kedalam golongan kayu lunak, relatif mudah pecah dan juga bending / melengkung. pemakaian komponen ukuran kecil juga beresiko patah lebih tinggi dibanding kayu jati atau mahoni. jadi memang kelemahan utama dari kayu jati belanda adalah kurang kuat..

Getah yang "mengganggu proses finishing. Kayu jati belanda atau pinus memiliki kandungan getah atau minyak yang sangat tinggi. terutama jika masih kurang kering. getah kayu belanda mengandung semacam resin / lilin yang jika terkena bahan finishing tidak mau menempel dengan sempurna. hal ini juga sama kasusnya dengan lem kayu yang tidak bisa merekat sepurna jika sambungan pada kayu yang ada getahnya. Solusi hal ini hanya satu. Pengeringan yang maksimal...!

Kesimpulan

Kayu jati belanda bisa menjadi alternatif yang sesuai untuk furniture yang sifatnya sementara, seperti misalnya, cafe atau resto yang sering gonta ganti tema interior. atau bagi anda yang mau tampilan interior rumah yang alami kayu namun tidak mau keluarin budget yang berlebihan untuk memakai kayu jati karena berencana untuk ganti tema tiap tahunnya. hal ini sungguh masuk akal karena...kenapa harus pakai mebel jati yang mahal jika kita bisa dapatkan keindahan kayu alami dari kayu pinus yang murah harganya.

Semua design furniture jepara yang ada diwebsite kami ini bisa dibuat menggunakan kayu jati belanda, baik itu design minimalis maupun klasik ukiran. Silahkan anda pertimbangkan keunggulan dan kekurangan dari pemakaian kayu jati belanda sesuai dengan kebutuhan anda. Jika perlu pendapat kedua...silahkan hubungi kami dan mari kita berdiskusi. Terima kasih...

Original Article Mebel Kayu Jati Belanda Harga Murah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar