Wanamulya - Furniture Dan Dekorasi

Tips dan trik tentang furniture dan dekorasi rumah

Minggu, 01 Oktober 2017

5 Tips Menata Ruang Tamu Kecil Menjadi Terasa Luas

Ruang tamu merupakan pemberi kesan utama yang bercerita tentang karakter sang pemilik rumah, jadi anda perlu memberikan perhatian yang cukup banyak akan bagaimana design dan fungsionalitasnya. meskipun anda tidak ingin "cari muka" atau pamer terhadap pengunjung rumah namun paling tidak anda memberikan sebuah penghormatan bagi pengunjung rumah anda dengan design ruang tamu yang nyaman dan tertata sebagai mana mustinya. Namun hal ini kerap jadi kesulitan saat kita memiliki ruang tamu yang berukuran kecil, keinginan kita akan terbatasi dengan ukuran ruangan yang ada. salah pilih design dan perabot bisa bikin ruang tamu menjadi berkesan sempit dan bikin tidak nyaman untuk berlama2 ngobrol. disini kami bagikan 5 tips menata ruang tamu kecil menjadi terasa lebih luas, namun ini versi kami lho ya...kalau tidak cocok dengan selera anda ya jangan dipakai, atau kalau mau komplain silahkan saja tinggalkan komentar dibawah ;)

Ruang tamu ya, bukan ruang keluarga
Tips menata ruang tamu yang kami bagikan disini adalah berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami sebagai perusahaan mebel jepara yang sering menerima pesanan mebel beserta design interiornya. masukan dari teman2 interior designer juga menjadi referensi kami dalam memberikan tips2 berikut. jadi bukan sekedar asal nulis hehehe...

1. Pilih Furniture Yang Tepat

Maksudnya furniture yang tepat itu bagaimana ? jadi begini, berhubung kita sedang membicarakan mengenai ruang tamu, maka fokus utama kita adalah sofa dan konco2 nya.
  • Pertama pilih sofa yang tidak begitu besar seperti model chesterfield yang bulky dan bikin penuh ruangan. saran kami hindari juga sofa dengan jok kulit yang tebal itu. pilih material jok dengan warna yang cerah dan ringan saja, pastel dan putih mungkin warna yang tepat menurut kami.
  • Sofa model L atau sudut juga pilihan yang tepat, namun ingat...pilih yang ukurannya tidak terlalu besar. yang langsing langsing saja. pertimbangakan pula untuk beli sofa dengan ruang penyimpanan kayak laci dibagian bawahnya. ini bisa sangat amat handy untuk ruangan yang berukuran kecil lho.
  • Meja kopi / meja tamu juga jangan besar2, saran kami bentuknya kotak saja bukan persegi panjang. dan cari yang ada ruang / laci penyimpanan dibagian bawah meja. percaya deh, fitur penyimpanan ini bakalan super handy kalau diruangan yang berukuran kecil. Untuk daun meja kami sarankan pakai kayu atau material yang tidak tembus pandang denga dekorasi dibawahnya yang fungsinya sebagai "focal point" pada center ruangan.
  • Banyak teman2 ineterior designer menyarankan untuk meng aplikasikan furniture built in yang multi fungsional pada ruang tamu berukuran kecil, salah satu contohnya adalah sofa dan meja tamu yang memiliki laci penyimpanan tadi. Satu ide lagi jika anda mungkin menginginkan penyekat ruangan / devider, tolong pertimbangkan untuk mem fungsikannya juga sebagai rak buku atau rak pajangan. selain sebagai aksen untuk ruangan dan juga meningkatkan fungsi, hal itu juga membuat ruangan terasa lebih luas.
  • Hindari cat furniture dan jok yang bermotif / bergambar. kecuali jika anda bersikeras lho...menurut kami gambar pada furniture terutama pada jok yang diletakkan dalam ruang tamu berukuran kecil cuma menambah rame yang tidak berguna. kalau tidak memaksa sekali mendingan jangan deh...bagus sih, tapi ya itu...Crowded !
  • Tolong jangan pakai furniture dengan model klasik ukiran yang tebal2 dan besar2. jangan...tolong. polos minimalisan saja lebih baik.
sofa ruang tamu kecil

2. Perhatikan Dinding Anda

Anda tentu tahu bagaimana efek warna dalam mempengaruhi suasana kan ? dalam hal ini mempengaruhi perasaan luas dan lapang. ya...pilih warna dinding yang memberikan nuansa ringan, terang, cerah dan menyenangkan. biru tuan atau merah hati adalah bukan pilihan yang tepat menurut kami, kecuali jika nekad dan mau "nyleneh" monggo saja. denga pengetahuan dan konsep yang tepat, penggunaan warna gelap pada ruang tamu kecil bisa bagus juga kok, cuma beresiko kalau kita tidak tahu dengan apa yang kita lakukan.

Wallpaper, jika anda mau pakai ini, mungkin lebih baik pilih yang motifnya garis2 kecil dan jarang. hindari garis atau pola besar2 dan tebal apalagi gambar apaaa gitu, coba bayangkan betapa ramai dan penuh sesaknya dinding anda. Mengenai warna cat dan walpaper ini banyak didebat oleh teman2 designer kami karena menurut mereka, dengan penataan keseluruhan yang tepat, warna gelap bisa menghadirkan nuansa dan kenyamanan tersendiri untuk ruangan..iya sih, nuansa nyaman tapi tetep saja tidak bikin jadi lapang dan luas rasanya. dan juga pemakaian warna gelap beresiko kalau tidak tepat layout dan pemilihan perabotnya. jadi saran kami tetap pilih warna terang2 saja.

Pertimbangkan untuk meletakkan cermin pada salah satu sisi dinding ruang tamu anda, cermin dengan frame yang simple saja tentu, tidak usah besar2, fungsinya sebagai aksen dan reflektor untuk mempengaruhi pikiran kita bahwa ruangan ini lebih besar ukurannya. kalau terlalu besar nanti dikira warung padang lho :D

Selain cermin, penggunaan hiasan dinding lainnya seperti lukisan, photo dan hiasan dinding juga boleh digunakan, namun pemilihan ukuran dan penataanya harus diperhatikan. satu photo besar dikelilingi photo2 kecil mungkin bagus buat titik fokus ruangan, atau deretan photo2 kecil yang disusun horisontal juga bagus buat menciptakan efek luas.
hiasan dinding ruang tamu

3. Penataan Lighting Yang Tepat

Menurut kami soft light adalah pilihan yang tepat untuk ruangan yang berukuran kecil. maksud kami softlight adalah lampu yang penataannya diatur sedemikian rupa hingga cahayanya menyebar merata keseluruh ruangan tanpa satu titik paling terang atau hotspot. ini bisa dicapai dengan pamakaian lampu diffused LED strip disekeliling ruangan atau lampu langit2. anda bisa gugel it untuk mengetahui lebih detail mengenai hal ini.

Maksimalkan pemakaian cahaya alami, mungkin hal ini agak susah kalau rumah anda sudah berdiri dan ditinggali. namun mungkin kalau anda ingin renovasi rumah atau membangun rumah baru, jendel yang besar mungkin jadi pilihan tepat untuk menghadirkan cahaya alami maksimal kedalam ruangan.
ide pencahayaan ruang tamu
Contoh lampu ceiling untuk ruang tamu
cahaya alami untuk ruang tamu
natural lighting


4. Perhatikan Layout Ruangan

Jika anda sedang berencana untuk bangun rumah sendiri yang berukuran kecil, pertimbangkan untuk mentiadakan sekat antara ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan, hal ini bisa menciptakan suasana yang luas pada penghuni rumah. dan juga jika memungkinkan hindarilah penyekat ruangan yang menutup sama sekali ruang satu dengan yang lainnya, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, devider lebih baik berbentuk rak yang tembus pandang antara ruang tamu dengan ruang lainnya. namun jika tidak memungkinkan karena mungkin ada dinding tembok built in, ya sudah kita bisa akali dengan cara lain. mungkin dengan pemberian cermin besar, atau lukisan besar, foto dan lain2 yang berfungsi sebagai focal point pada dinding.

Ciptakan focal point atau satu titik fokus utama pada salah satu sisi ruang tamu anda, titik fokus ini bisa berupa hiasan dinding yang besar, cermin dinding, meja kopi yang bagus, rak dinding yang bagus dan lain2 sesuai kreatifitas anda, satu saja ya, jangan banyak2 nanti malah bikin sumpek ruang tamu kecil anda.
denah ruang tamu
tanpa pembatas

devider ruang tamu
devider untuk ruang tamu


5. Pertimbangkan Untuk Pakai Karpet

Jika memungkinkan, pemakaian karpet juga dapat membantu membuat suasana ruang tamu anda menjadi lebih lapang dan nyaman. Namun pastikan karpet yang anda pakai ukurannya lebar ya, misalnya karpet yang terhampar meliputi semua sofa dan meja tamu. kalau hanya secuil dibawah meja tamu misalnya, kesan yang ditimbulkan malah bikin sempit dan jadi kebayang karpet depan kamar mandi lho...

Jika anda sedang renovasi rumah atau sedang dalam proses pembangunan, pastikan langit2 ruangan anda tinggi ya, hal ini bisa membuat suasana lebih lapang secara dramatis. tapi kalau memang tidak memungkinkan ya sudahlah...

Tambahan :

Sekali lagi tulisan diatas itu subyektif menurut kami saja lho. Lupakan tips menata ruang tamu kecil diatas dan bereksperimenlah sesuai dengan selera anda, jika anda happy dengan hasil kerja anda maka semua saran dan tips adalah sebatas itu, andalah yang paling penting disini.

Jadi silahkan bekerja menata rumah idaman anda, semoga tulisan diatas bisa jadi pertimbangan dan referensi design ruangan anda, kalau tidak ya tidak apa2, terima kasih sudah mampir disini. have a great day folks...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar